Masyarakat Transparansi Aceh Minta Pusat Tak Asal Tunjuk Pj Gubernur Aceh

BANDA ACEH – Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA) meminta pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tidak asal menunjuk Penjabat (Pj) Gubernur Aceh.

Pemerintah pusat diminta benar-benar harus melihat berbagai persoalan di Aceh saat ini, sehingga sosok Pj nantinya bisa memberikan solusi dan menyelesaikan berbagai persoalan untuk membangun Aceh.

“Kita meminta Mendagri tidak asal tunjuk Pj Gubernur Aceh karena ada berbagai masalah di Aceh yang harus menjadi perhatian khusus dan harus diselesaikan,” kata Koordinator MaTA, Alfian kepada Serambi, Jumat (10/6/2022).

Alfian mengatakan, ada beberapa persoalan serius di Aceh saat ini yang harus menjadi perhatian khusus Mendagri dan Pj Gubernur yang akan ditunjuk, di antaranya soal korupsi yang massif, kemiskinan, pengangguran, dan serapan anggaran yang rendah setiap tahunnya.

“Ini harus jadi catatan Mendagri, karena ada berbagai persoalan yang akan diselesaikan Pj Gubernur yang akan ditunjuk.

Jadi, bukan hanya paham soal Aceh, kalau itu umum sekali,” kata Alfian.

Baca juga: Pj Gubernur dan Kelanjutan Aceh Hebat

Baca juga: Ini Sosok Pj Gubernur Aceh yang Tepat Menurut Abu Doto

Dalam penunjukan Pj Gubenur, MaTA sendiri tidak dalam posisi menilai si A cocok si B cocok.

MaTA hanya melihat penunjukan Pj Gubernur harus berdasarkan persoalan yang ada di Aceh.

“Kalau azas ini tidak diperhatikan lalu ditunjuk orang-orang yang tidak mampu menyelesaikan persoalan di Aceh, berarti sama saja, kegagalan yang berulang,” katanya.

Mendagri, kata Alfian, sebelum menunjuk pj gubernur harus memandatkan permasalahan-permasalahan yang ada di Aceh untuk diselesaikan.

“Mendagri paham apa persoalan Aceh, Ini harus dimandatkan oleh Mendagri kepada Pj Gubernur yang akan ditunjuk, bukan asal tunjuk,” demikian Alfian. (dan)

Baca juga: Siapa Pj Gubernur Aceh?

Baca juga: PDA Inginkan Pj Gubernur Aceh Orang Berbintang 



#Masyarakat #Transparansi #Aceh #Minta #Pusat #Tak #Asal #Tunjuk #Gubernur #Aceh

Sumber : aceh.tribunnews.com