Panglima TNI Tegaskan Tak Ada Pilot Susi Air Disandera KKB

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono

Rabu, 8 Februari 2023 – 10:39 WIB

VIVA Nasional – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan tidak ada satupun pilot maupun penumpang pesawat Susi Air dengan nomor penerbangan SI 9368 menjadi korban penyanderaan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Hal itu ditegaskan Yudo saat menghadiri rapat pimpinan (rapim) TNI-Polri di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Rabu, 8 Februari 2023.

“Engga ada penyanderaan (pilot dan penumpang pesawat Susi Air),” kata Yudo kepada wartawan di Hotel Sultan.

Pesawat Susi Air Tergelincir di Mappi, Papua

Pesawat Susi Air Tergelincir di Mappi, Papua

Yudo bahkan menyebut pilot pesawat Susi Air tersebut telah menyelamatkan diri. Ia bahkan mempertanyakan kebenaran informasi perihal penyanderaan yang ramai dibicarakan. 

“Oh gitu (ada penyanderaan)? Tahu dari mana? Saya belum ada informasi kalau yang dibawa itu,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, pesawat milik Susi Air dengan nomor penerbangan SI 9368 dibakar oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB)  Papua pimpinan Egianus Kogoya di Landasan Terbang Paro, Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, pada Selasa, 7 Pebruari 2023, pagi. Pesawat Susi Air dengan nomor registrasi PK BVY dengan rute Timika-Paro.

Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI Juinta Omboh (JO) Sembiring dalam pesan singkatnya membenarkan kejadian tersebut.

Halaman Selanjutnya

“Benar pesawat susi air sudah dibakar. Pelaku pembakaran diduga kuat dilakukan oleh Kelompok Separatis Teroris pimpinan Egianus Kogoya,” kata Danrem dalam pesan singkatnya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id